Pages

Subscribe:

Labels

Jumat, 26 Desember 2014

Sepenggal Kisah dari KKN (Kuliah Kerja Nyata)



Salam Cinta untuk Desa Pabuaran
Desa Pabuaran, Sukamakmur,Bogor, Jawa Barat.
“Tak kenal maka tak sayang” begitu pepatah lama berbicara, dan begitulah saya rasakan di hari pertama dan kedua di desa ini. “bingung” itulah kata yang tepat untuk ungkapkan keadaan di awal tiba.  “Canggung” adanya bila bertemu dengan warga. Namun tugas tetaplah tugas, waktu satu bulan tetap harus dijalani bersama, sesulit apapun mencoba akan terasa biasa saat kita telah menjalaninya. Hari teruslah berganti, satu persatu kegiatan yang telah lama terangkai pun mulai terlaksana. Kedekatanku dengan teman-teman dan anak-anak di desa Pabuaran mulai terasa. Makan bersama, tidur bersama, bercanda gurau bersama dan melakukan program kerja bersama membuat kami semakin mengenal satu sama lain. Semangat kekompakkan mulai terbangun diantara kami. Sehingga semua kegiatan terasa ringan. Sosialisasi dengan warga pun mulai tampak lebih renyah, kehangatan masyarakat  desa pabuaran –khususnya warga desa RW 05- mulai menyentuh kami.

Mengadakan seminar, mengisi kegiatan ekstrakurikuler di setiap sekolah, mengajar anak-anak Sekolah Dasar, mengajar di Sekolah Menengah Kejuruan, Madrasah Tsanawiyah, Madrasah Diniyah, Taman Kanak-kanak, mengajar mengaji dan memberikan sedikit tambahan pengetahuan bahasa asing untuk anak-anak di desa ini memang merupakan pengabdian sederhana yang dapat kami lakukan, namun bagi kami semua ini memberikan pengalaman yang sangat luar biasa. Kekompakkan dan semangat belajar yang tak pernah pudar sangat tampak di mata setiap individu dari mereka dan tentunya membuat kami semakin tergerak untuk kembali berbagi walau hanya dengan segala keterbatasan kami. Merenovasi kembali MCK, membuat Papan Nama Jalan, mengadakan pelatihan tari saman, marawis, futsal dan memberikan tutorial handicraft dan semua program mulai terealisasikan. Tentu semua ini dapat terlaksnakan karena dukungan dari warga di desa ini.
Memang tak banyak rasanya yang kami berikan untuk desa ini dan tak sebanding dengan apa yang telah mereka berikan kepada kami. Namun saya sangat bersyukur karena telah mendapatkan kesempatan untuk berpengamalan dan berpengalaman di desa ini. Hal yang tak kalah luar biasa bagi saya adalah menjadi bagian dari kelompok KKN Sukses, bertemu dengan orang-orang yang saling melengkapi satu sama lain, memberikan warna indah dalam hari-hariku dan selalu mengukir kisah-kasih, canda-tawa, sendu dan haru biru di setiap detik yang ku lalui di desa ini. Sholat berjama’ah, rapat kerja, bahu-membahu, begadang ngerjain tugas dan persiapan acara, makan sepiring berdua tiap anggota, piket harian, bangun kesiangan, adu tawa, marah, usil dan jahil bersama, bahagia, suka-duka, nonton tipi sampai larut malam, ngaliweut, tak ada yang kita sembunyikan lagi dari kepribadian kita masing-masing, sudah seperti berada di rumah sendiri (atau mungkin lebih) semuanya kita lalui bersama dan semuanya terasa begitu sempurna, dan hari-hari yang ku lalui penuh warna karena mereka, teman satu kampus yang kemudian satu rumah denganku. Terimakasih kawan, bahagia rasanya telah menjadi bagian dari kalian semua, aku pasti merindukan kalian, merindukan canda-tawa kalian, canda-tawa kita semua dan rengek manja kalian, rengek manja kita semua. Bapak RW Ujang dan Ibu, orang tua kami KKN Sukses, pak Toha, Bu Hajar, Pak Adih, teteh Nik (Uswatun Hasanah), ceu Adah, Abah Haji Iin, bu Ade, Bu Mae, Rini ucapin terimakasih karna telah memberikan kesempatan untuk Rini menimba ilmu di desa ini, tanpa mereka mungkin cerita ini kan berbeda. Sepenggal Cintaku tertinggal di desa ini, Pabuaran tercinta. Mengukir kisah yang tak terlupakan, kenangan, kenyataan dan impian semua seolah berawal kembali dari desa ini. Cinta dan cita menyatu dalam sebuah cerita yang tertulis dalam sejarah KKN Sukses 2014.

                                                                        Jakarta 25 September 2014
Rini Farida

Bersama Sisswa SDN 03 Desa Pabuaran
Pemandangan Desa Pabuaran
Jalan-Jalan Pagi di Desa Pabuaran
Ngaliwet Bersama Pemuda kampung Pabuaran

Poto Bersama Pemerintah Desa Pabuaran
Peringatan HUT RI 69 

Peserta KKN Sukses 2014 bersama Keluarga RW 05


  

  

0 komentar:

Posting Komentar